Kunjungan gubernur Jawa Timur terpilih, ibu Khofifah Indar Parawansa ke ASABI Rabu (17/10) menjadi momentum tersendiri untuk ASABI. Pasalnya dari kunjungan gubernur ini ASABI berkesempatan ikut berpartisipasi dalam pembangunan pertanian khususnya bidang pertanian modern dan urban seperti greenhouse, irrigation system, hydroponic, dan dryer di daerah Jawa Timur. Ibu Khofifah yang didampingi oleh team yaitu para tenaga ahli dan perwakilan Dirjen tanaman pangan mengunjungi ASABI karena dilatarbelakangi ingin melihat teknologi pertanian yang dimiliki ASABI salah satunya yaitu dryer.

Dryer merupakan tempat yang digunakan untuk mengeringkan bahan pangan seperti padi, jagung, kopi dan lain-lain. Ketertarikan beliau terhadap teknologi ini karena dryer cukup menggunakan tenaga matahari sehingga dapat ditempatkan dimana saja khususnya daerah yang terbatas sarana listrik dan bahan bakar. Selain itu dryer juga begitu sederhana sehingga akan cukup aplikatif bagi para petani remote area. Berdasarkan kelebihan inilah gubernur JawaTimur terpilih, ibu Khofifah tertarik akan teknologi pertanian yang dibuat oleh ASABI.

ASABI sebagai penyedia produk pertanian modern dan urban berharap dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di Jawa Timur khususnya dalam peningkatan produktifitas sayur sehat. Meningkatnya produktifitas dengan biaya perawatan yang rendah merupakan salah satu upaya peningkatan pendapatan petani serta solusi di tengah menurunnya kesediaan lahan produktif yang diakibatkan oleh alih fungsi.

Tentang PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI)

PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI) adalah salah satu anak perusahaan dari PT Agricon yang merupakan formulator dan perusahaan pestisida nasional terbesar di Indonesia setelah menjual sahamnya ke PT ICI Indonesia Pestisida pada tahun 1994. PT Agricon kemudian memperluas portofolio bisnisnya menjadi agrokimia, penyedia greenhouse, sistem irigasi, operator pengendalian hama, produk turunan kelapa, serta penyedia benih. Pada tanggal 1 Januari 2016, PT Agricon secara resmi bertransformasi sebagai perusahaan holding yang menaungi beberapa unit bisnis:

  1. PT Asia Gala Kimia (AGK): Produk agrokimia generik & B2B.
  2. PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI): Penyedia produk pertanian modern dan urban; greenhouse, irigasi & hidroponik.
  3. PT Agricon Putra Citra Optima (APCO): Perusahaan layanan pengendalian hama.
  4. PT Agri Lestari Nusantara (ALN): Produk turunan kelapa; cocofiber, cocopeat, coir net dan lain-lain.
  5. PT Asia Gala Agri (AGA): Produksi, distribusi, dan penjualan benih tanaman pangan.
  6. PT Agricon Indonesia (ACI): Penjualan dan distribusi produk-produk Agricon.
  7. PT Panca Agro Niaga Lestari (PANL): Distributor nasional produk pendukung pertanian.
Menu