Asabi Dukung Program SDM Terampil dan Siap Kerja Lewat Mahasiswa

News

Pesatnya perkembangan dan tuntutan zaman membuat kompetisi dalam berbagai aspek semakin ketat salah satunya dalam dunia kerja. Untuk menyikapi hal ini diperlukan tidak hanya pengetahuan secara teori saja tetapi juga kemampuan atau keahlian yang harus dimiliki oleh seseorang. Bahkan di dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi kini mewajibkan para mahasiswanya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan guna dapat memberikan wawasan dan pengalaman secara langsung pada dunia kerja, seperti yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.

Program Studi Teknik Pertanian, Universitas Andalas meminta ASABI sebagai penyedia produk pertanian modern dan urban, greenhouse, irigasi & hidroponik untuk berbagi terkait tentang pengetahuan sistem pertanian modern. Seiring dengan misi perusahaan untuk dapat mengembangkan dunia pertanian modern di semua kalangan termasuk dunia pendidikan, ASABI pun memberikan kesempatan kepada para mahasiswa Universitas yang berada di Sumatera Utara itu untuk bisa mendapatkan pengetahuan sekaligus praktek lapangan terkait sistem pertanian modern khususnya pengenalan tentang budidaya tanaman hidroponik dan sistem irigasi mikro seperti irigasi tetes beserta instalasinya. Adapun beberapa hal yang tercakup di dalamnya antara lain kemampuan mengetahui kebutuhan air tanaman serta kemampuan untuk mengenal dan memahami alat-alat irigasi.

Aldio sebagai ketua kelompok mahasiswa PKL asal universitas Andalas menyampaikan bahwa mereka sangat senang sekali dapat belajar sekaligus mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya selama di tempat kuliah. Tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru secara teori saja tentang sistem irigasi mikro yang menjadi fokus mereka, tetapi mereka juga pun bisa merasakan langsung bagaimana cara bercocok tanam hidroponik yang baik dan benar mulai dari awal penyemaiaan sampai dengan panen. Mahasiswa program studi teknik pertanian ini berharap nantinya mereka semua bisa mendapatkan kesempatan kembali untuk belajar lebih banyak lagi terkait sistem irigasi dan pertanian modern lainnya di showcase milik ASABI yang berada di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“ASABI berharap dengan membuka peluang seperti ini, perusahaan dapat berkontribusi untuk mengembangkan pertanian modern salah satunya lewat dunia pendidikan, melalui pengembangan kemampuan para mahasiswa lewat praktek kerja lapangan yang nantinya dapat berguna dalam menciptakan para SDM yang terampil dan berkualitas serta siap menyongsong masa depan dengan bersaing di tengah tuntutan dan perkembangan zaman.” Demikian yang disampaikan Atang Komara sebagai General Manager PT ASABI.

Tentang PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI)

PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI) adalah salah satu anak perusahaan dari PT Agricon yang merupakan formulator dan perusahaan pestisida nasional terbesar di Indonesia setelah menjual sahamnya ke PT ICI Indonesia Pestisida pada tahun 1994. PT Agricon kemudian memperluas portofolio bisnisnya menjadi agrokimia, penyedia greenhouse, sistem irigasi, operator pengendalian hama, produk turunan kelapa, serta penyedia benih. Pada tanggal 1 Januari 2016, PT Agricon secara resmi bertransformasi sebagai perusahaan holding yang menaungi beberapa unit bisnis:

  1. PT Asia Gala Kimia (AGK): Produk agrokimia generik & B2B.
  2. PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI): Penyedia produk pertanian modern dan urban; greenhouse, irigasi & hidroponik.
  3. PT Agricon Indonesia (ACI): Penjualan dan distribusi produk-produk Agricon.
  4. PT Panca Agro Niaga Lestari (PANL): Distributor nasional produk pendukung pertanian.

 

dukung SDM terampil, SDM terampil, PKL, praktek kerja lapang

Para Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, Sumatera Utara belajar dan praktek kerja lapangan tentang sistem Irigasi dan Hidroponik di Showcase ASABI yang berada di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menu