Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional, ASABI Lakukan BIMTEK Bersama Pemerintah

Event, News

Sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah, diperlukan pengelolaan yang baik dan benar khususnya pada sektor pertanian. Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan Kementerian Pertanian menyusun perencanaan program pembangunan pertanian dengan memprioritaskan petani dan penyuluh pertanian sebagai lokomotif, penggerak dan pelopor yang inovatif, kreatif, profesional, mandiri, mampu bersaing, dan berwawasan global, dengan melalui Bimbingan Teknis (Workshop) yang bekerja sama dengan PT. ASABI pada Selasa, 23 Februari 2021 di Hotel Sanggabuana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Bimbingan teknis merupakan layanan bimbingan dan penyuluhan yang diberikan oleh tenaga ahli atau professional dibidang pertanian dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebagai salah satu anak perusahaan Agricon yang bergerak dalam bidang Agribisnis dan perusahaan yang ahli dibidangnya, ASABI memiliki produk-produk unggulan konstruksi pertanian seperti, greenhouse (rumah kaca), irigasi, lawn & garden, dan juga hidroponik NFT dengan berbagai model dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di berbagai wilayah di Indonesia. Maka dari itu dalam rangka berbagi guna sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian, ASABI menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis yang bertemakan “Urban Farming Terkait Dengan Budidaya Sayuran Dengan Teknik Hidroponik” dihadiri peserta sebanyak 100 orang petani dan ketua kelompok tani yang berada Kabupaten Cianjur.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yaitu Dr. Ir Siswoyo MP, dengan menyampaikan program Kementerian Pertanian yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pakan 270 juta jiwa penduduk Indonesia, peningkatan kesejahteraan petani dan regenerasi petani, sambutan yang kedua disampaikan oleh Ir Budhy Setiawan MP selaku anggota komisi IV DPR RI, dengan ruang lingkup tugas bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan serta kelautan yang memberikan arahan kepada petani dan penyuluh Kabupaten Cianjur mengenai prospek usaha pertanian di Kabupaten Cianjur.

Kegiatan ini diisi oleh dua pemateri yang juga praktisi dari PT ASABI, yaitu Suganda yang memaparkan bagaimana budidaya sayuran dengan teknik hidroponik, serta Irfan Azhari yang berbicara mengenai pasca panen dan pengemasan produk sayur. Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya mendapatkan materi yang disampaikan oleh para praktisi, tetapi juga peserta dapat melihat langsung peragaan teknik persemaian, pembuatan larutan nutrisi hidroponik dan penanaman sayuran. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan penyuluh pertanian dalam budidaya sayuran dengan teknik hidroponik, serta mampu melakukan pengelolaan pascapanen produk sayuran hidroponik dengan baik.

“ASABI berharap semoga dengan ini bisa membantu dan turut serta meningkatkan kesejahteraan pertanian Indonesia melalui urban farming berserta teknologinya diantaranya melalui kegiatan sharing seperti ini sehingga ASABI dapat bersinergi dengan para petani Indonesia khususnya dalam mendukung kebutuhan pangan nasional”. Demikian yang disampaikan oleh Atang Komara selaku General Manager PT. ASABI.

Tentang PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI)

PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI) adalah salah satu anak perusahaan dari PT Agricon yang merupakan formulator dan perusahaan pestisida nasional terbesar di Indonesia setelah menjual sahamnya ke PT ICI Indonesia Pestisida pada tahun 1994. PT Agricon kemudian memperluas portofolio bisnisnya menjadi agrokimia, penyedia greenhouse, sistem irigasi, operator pengendalian hama, produk turunan kelapa, serta penyedia benih. Pada tanggal 1 Januari 2016, PT Agricon secara resmi bertransformasi sebagai perusahaan holding yang menaungi beberapa unit bisnis:

  1. PT Asia Gala Kimia (AGK): Produk agrokimia  generik & B2B.
  2. PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI): Penyedia produk pertanian modern dan urban; greenhouse, irigasi & hidroponik.
  3. PT Agricon Indonesia (ACI): Penjualan dan distribusi produk-produk Agricon.
  4. PT Panca Agro Niaga Lestari (PANL): Distributor nasional produk pendukung pertanian.

ASABI bekerjasama dengan pemerintah lakukan Bimtek mengenai budidaya sayuran dengan teknik hidroponik dan hal pascapanen kepada para ketua kelompok tani dan petani di Cianjur, Jawa Barat.

Menu