PETANI CABAI KEDIRI DAN SEKITARNYA SUKSES ATASI HAMA THRIPS DAN TUNGAU

Event, News

Cabai merupakan salah satu tanaman sayuran yang memiliki nilai ekonomi tinggi, namun dalam proses menanam cabai, ternyata memiliki tantangan dan kendala yang dihadapi, khususnya hama. Thrips dan Tungau merupakan hama yang sering kali terdapat pada tanaman cabai. Thrips menyerang tanaman dengan menghisap cairan permukaan bawah daun (terutama daun-daun muda), sedangkan tungau menyerang dengan cara menghisap cairan daun yang ada pada jaringan mesofil sampai jaringan tersebut rusak. Akibat kejadian ini maka proses fotosintesis tanaman cabai jadi terhambat.

Kehadiran dua hama ini menyebabkan penurunan hasil panen sehingga menimbulkan keresahan petani. Petani cabai tentunya berharap daun tanaman cabai selalu mulus, bunga tidak rontok dan panen cabai meningkat. Pengendalian hama memang dapat dilakukan seperti menggunakan tanaman perangkap, sanitasi lingkungan, pemotongan bagian tanaman yang terserang, penggunaan perangkap warna kuning dan pemanfaatan musuh alami. Namun apabila serangan sudah tinggi perlu cara lain yang lebih efektif cepat dalam pengendaliannya. Insektisida dapat digunakan dalam hal ini, khususnya apabila populasi hama atau kerusakan tanaman telah mencapai ambang pengendalian.

Pada 12 Oktober 2022, Agricon kembali mengadakan EXPO TENCHU di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tenchu sebagai insektisida yang cepat sekaligus melindungi dan menghijaukan pada tanaman padi, kini diperkenalkan juga menjadi Tenchu + Shogun untuk Jagoan pengendali Thrips dan Tungau pada tanaman cabai. Selain untuk memperkenalkan solusi teknologi pendamping Tenchu untuk tanaman cabai, Expo Tenchu juga melakukan kegiatan seperti memberikan edukasi terkait:

  • Pengendalian hama utama pada tanaman cabai
  • Tips mencegah serangan jamur pada tanaman cabai
  • Cara-cara merawat tanaman cabai agar mendapatkan performa yang lebih baik dengan pemberian nutrisi dan memperbaiki akar.

Selain dihadiri oleh kurang lebih 400 petani, Expo Tenchu juga dihadiri oleh pejabat daerah setempat seperti Kepala Desa Kepung, Bapak Yoni Widarto, Kepa Dusun, Bapak Puji, Kapolsek Kepung, Danramil Kepung, dan kios pertanian setempat. Pembuatan lahan demo, diskusi dan farmer meeting, kunjungan kios serta pembagian hadiah adalah beberapa kegiatan yang berlangsung di acara Expo Tenchu, Kediri kali ini.

“Semoga adanya Expo Tenchu di Kediri ini dapat membantu petani cabai dalam menghadapi segala permasalahan budidaya tanamannya dan kesuksesan mengedukasi paket teknologi Agricon di Kediri dapat menyebar luas di seluruh petani cabai di Indonesia” Demikian yang disampaikan Rifauldin Syahri sebagai Insecticide Product Manager PT. Agricon.

Tentang Agricon

Didirikan di Bogor pada tahun 1969, PT Agriculture Construction (Agricon) berkembang menjadi formulator pestisida nasional yang memperluas portofolio bisnisnya menjadi agrokimia (PT Asia Gala Kimia), penyedia greenhouse & sistem irigasi (PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia), hingga distributor produk pendukung pertanian (PT Panca Agro Niaga Lestari). Pada tanggal 1 Januari 2016, PT Agricon secara resmi bertransformasi sebagai perusahaan holding dan menyerahkan distribusi agrokimia ke PT Agricon Indonesia (ACI).

Petani mengelilingi Demo Plot (12/10)
Edukasi pengendalian hama utama pada tanaman cabai (12/10)

Expo Tenchu, Kediri (12/10)

Expo Tenchu, Kediri (12/10)

Menu